JOIN with DBC NETWORK

Laman


ayo gabung... dibisnis ini... klik gambar di bawah..

Photobucket

Minggu, 30 Oktober 2011

(GoVlog-Umum) Berkat Twitter Dia Tobat


Sebuah kompetisi bukanlah hal yang mudah seolah membalikkan telapan tangan. Sekejap kilat berubah from zero to hero. Sekonyong-konyong menang. Salah besar kalau Anda beranggapan seperti itu.

Kejadian unik sekaligus menginspirasi bermula ketika saya mengikuti kompetisi blogger. Ada banyak kategori pemenang dan yang menarik perhatian saya adalah satu pemenang favorit untuk mendapatkan hadiah voucher. Dengan sekuat tenaga dan pikiran saya menulis tentang tema yang ditentukan. Alhamdulillah selesai dengan tulisan, alur dan bumbu-bumbu yang unik dan dramatis.

Tugas berikutnya adalah mencari dukungan sebanyak-banyaknya dengan cara ‘Like’ tulisan yang telah saya buat. Sesuai peraturan, memang pemenang favorit ditentukan dari banyaknya ‘Like’ tulisan tersebut.

Yup, perjuangan dimulai. Dalam satu hari saya share tulisan tersebut ke beberapa teman-teman. Mulai dari Facebook, Twitter, Milis, Chatting dan berbagai social media yang ada. Alhamdulillah dalam satu hari, saya mendapat dukungan 100 ‘like’ jumlah yang cukup fantastik bagi saya. And the fact, saya masuk 3 besar kategori Terfavorit.

Perjuangan berlanjut hari demi hari diisi dengan share ke berbagai teman. Tidak mudah memang untuk membujuk mereka baca tulisan kita apalagi meng-klik lambang ‘jempol’ pertanda ‘Like’ di akhir tulisan. Alhamdulillah berkat kegigihan saya, peringkat terfavorit naik menjadi nomor satu dalam tiga hari. Amazing!

Senang, bahagia sekaligus terharu atas pencapaian ini. Apalagi selisih dengan peringkat dua nya 50 poin. Namun, kebahagiaan ini tidak bertahan lama. Karena tiba-tiba dalam sekejap tulisan no.2 (peringkat kedua) merangsek naek ke peringkat satu dengan jumlah like 300-an dalam 5 menit. Wajarkah????

Jiwa intelejen saya pun bergerak. Saya coba cek profil penulis, termasuk akun twitternya. Ternyata ia lulusan IT yang pastinya tahu tentang jaringan. Saya mulai mencium aroma kecurangan. Beruntungnya, saya mendapat satu fakta. Bagaimana mungkin satu tulisan di ‘Like’ 300 orang tetapi hanya di view 33 orang. Is there anything weird here?

Bismillah saya mulai melakukan konfirmasi. Jujur, saya paling benci perbuatan curang. Kalau ingin menang harus menjunjung tinggi sportivitas: FAIRPLAY.

Akhirnya saya mention di twitter, sang pemilik tulisan:

“Hebat ya tulisan Anda, dalam sekejap mendapat banyak dukungan. Tapi apakah masuk akal di ‘Like’ 300 tetapi di-view hanya 33”

Jawabannya saat itu:

“Wah saya tidak tahu kok seperti itu” sepertinya dia masih belum mengakuinya.

Esok harinya, tiba-tiba ia mention di –Twitter:

“Tolong di-follow ya akun twitter saya,jadi saya bisa kirim DM (Direct Message)”

Akhirnya saya follow akun twitternya.

And guess what? Lime menit kemudian ia mention saya lagi

“Cek DM, ada konfirmasi saya terkait lomba.”



Berikut isi DM nya:

1. Terima Kasih sudah di folbek. Salam Kenal

2.Terima kasih sudah memberikan mention tentang LIKE saya di lomba blogger itu

3. Kemarin malam Saya tidak membela diri, dan tidak mengelak tentang me-LIKE sendiri. Saya hanya mengalihkan pembicaraan saja.

4. Untuk itu, saya pribadi ingin bilang bahwa "Memang Angka 300 lebih, itu adalah hasil klik saya sendiri".

5. Hampir 100% adalah klik saya sendiri.

6. Ikut lomba blog , terus liat peraturannya, yang penting like banyak. Saya tertarik dan daftar. Lalu saya klik LIKE pertama kali

7. Saya melihat ada bugs/kekurangan di tombol LIKE lomba ini, karena saya mengerti koding PHP dan JAVASCRIPT. Saya utak-atik deh.

8. Saat saya di mention kemarin malam. Tadi pagi saya galau, apa saya berbohong? Apa saya curang? Saya benar-benar gelisah.

9. Tapi Saya lebih berfikir lagi, dan Saya putuskan untuk tidak me-LIKE sendiri lagi.

10. Saya mundur, dan mempersilahkan Anda untuk terfavorit dengan fair.

11. Maafkan Saya kalo itu sebuah kecurangan. Saya tidak ingin berbuat demikian.

12. Ini sebagai bentuk klarfikasi dan mohon maaf

13. Terima kasih sudah mengingatkan. Saya tidak berniat curang.

14. Sekian DM dari Saya. Atas semua mentionnya saya ucapkan terima kasih ya. Sukses selalu.

Subhanallah, saya benar-benar seperti mimpi mendapat DM ini. Segera saya balas DM nya:

“Luar biasa i was speechless while reading this YOU ARE SO HONEST”

“JARANG ditemukan orang seperti Anda mau mengakui dgn legowo”

Kejadian ini memberikan hikmah kepada saya, betapapun kita menyimpan suatu kecurangan pasti cepat atau lambat akan terungkap. Pelajaran lainnya adalah, saya menemukan bahwa masih ada orang yang dengan lapang dada mengakui kesalahannya, dan meminta maaf atas segala kecurangannya. Coba para koruptur bisa berjiwa besar juga ya seperti dia.

Alhamdulillah berkat social media Twitter, akhirnya ia tobat. Mengakui kesalahannya, dan hebatnya sekarang kami berteman via twitter dan berbagi info tentang blogger. Terakhir dia mention saya mengucapkan terima kasih telah memperkenalkan Vlog kepadanya. Karena ia juga ikutan lomba Vlog kategori umum setelah melihat banner Vlog di blog saya.

Guys, berbuat jujur tidak membuat kita kalah lho. So, keep honest and no cheating please!






7 komentar:

Dewa Made Ari S mengatakan...

Saya rasa kemenangan terbesar Bunda bukan pada lomba bloggnya, tetapi memenangkan jiwa untuk lebih fair dalam berkompetisi. Luar biasa Bunda. Salam Kenal "DeWay".
http://ftw1974.blogspot.com/2011/11/ajakan-bertukar-link.html

Syaiful Rizal's mengatakan...

Suatu kompetisi bukan hanya sekedar meraih kemenangan, tetapi manfaat yg kita peroleh dari kompetisi tersebut, mengakui kesalahan menjadi kemenangan terbesar karena berhasil mengalahkan ego pribadi... selamat buat dia, the real champion deh...

Blogvision Pos mengatakan...

Aku setuju banget Bun, Kalau ingin ikut kompetisi bermainlah secara FAIRPLAY dan JUJUR. Emang Kebanggaan Apa Sih Yang Bisa Kita Dapatkan Memenangkan Suatu Perlombaan Tapi Melalui Proses Yang Nggak JUJUR. Jelas NGGAK ADA. Atau Semata-mata Karena di BUTAkan oleh HADIAH/UANG??? Kalau Ikut Kompetisi Nyanyi Jelas Nggak Mungkin Bisa Di Rekayasa Karena Pasti Harus Menyanyi dan Tampil Sebaik Mungkin. So, Bagi Para Sobat Blogger, Jika Ingin Menjadi Winner Atau Pemenang ya berkompetisilah dengan SEHAT dan Berusaha SEBAIK Mungkin. Dan Kalau pun Kalah ya Nyante aja, paling Nggak Udah Puas Bisa Ikut Berpatisipasi dan Artikelnya Bisa Masuk Seleksi.

Terima Kasih Artikel Bunda Ini, cukup menarik dan yang terpenting adalah tidak menyebut Identitas orang tersebut, Demi menjaga nama baik orang tersebut.

Salam
http://www.djadoelpost.com

admin mengatakan...

coba kalau pengadilan dilombakan dalam hal menghukum koruptor

Asaz mengatakan...

tidak semua orang ditembak masalah kecurangan ngaku..kadang banyak yang merasa tidak bersalah termasuk koruptor selalu mengaku tidak bersalah

Galuh Parantri mengatakan...

:) Ternyata meski di dunia maya tetep Punya Hati™

Unknown mengatakan...

Dubril Firm Loan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
Email: dubrilloanfirm@gmail.com
Skype: dubrilloanfirm

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

My statistic

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More